jump to navigation

Mayoritas Rakyat Perancis: Islam Sesuai Dengan Masyarakat Kami December 14, 2009

Posted by informationmedia in politics.
Tags: , , , ,
trackback

Posted: 10 Dec 2009 11:48 PM PST

Melalui sebuah jajak pendapat yang dipublikasikan pada hari Kamis (9/12) terungkap bahwa lebih dari setengah rakyat perancis percaya bahwa Islam adalah sesuai dengan masyarakat.

Jajak pendapat yang dipublikasikan oleh surat kabar Le Parisien memperlihatkan bahwa 54% dari rakyat Perancis percaya bahwa Islam tidak menimbulkan ancaman apapun terhadap nilai-nilai mereka. Namun, terdapat perbedaan di antara generasi, sebab sejumlah besar di antara generasi muda Perancis lebih terbuka terhadap Islam daripada generasi mereka yang lebih tua.

Di mama, 68% di antara mereka yang berusia di bawah 30 tahun, mengatakan bahwa Islam sesuai dengan masyarakat Perancis. Dan hanya 36% saja yang mengangap Islam tidak sesuia dengan kemajuan zaman, itu pun hanya dikemukakan oleh mereka yang usianya di atas 75 tahun.

Jajak pendapat ini dilakukan terhadap 1.001 responden pada tanggal 2-3 bulan ini, setelah dimulainya pencarian identitas diri yang digalakkan oleh pemerintah bagi setiap orang Prancis.

Menghapus Seribu Tahun

Sedang berlangsung perdebatan di salah satu situs di internet bahwa “meskipun Prancis negara sekuler, maka kita tidak bisa menghapus seribu tahun dari pengaruh agama Kristen …. Saya pikir bahwa kita harus mengetatkan kebijakan kita mengenai perundang-undangan imigrasi dan integrasi.”

Hasil jajak pendapat itu menunjukkan bahwa 82% dan 72% responden menjawab secara berurutan bahwa Katolik dan Yahudi keduanya sesuai dengan masyarakat Perancis. Perdebatan juga difokuskan pada beberapa praktek ajaran Islam seperti memakai jilbab.

Bahkan Menteri Kehakiman Perancis, Michele Alliot-Marie mengatakan hari Kamis (9/12) bahwa Perancis harus menolak untuk memberikan kewarganegaraan Perancis bagi setiap laki-laki yang istrinya mengenakan jilbab.

Diperkiraan bahwa jumlah kaum Muslim di Perancis sekitar lima juta orang, yang mewakili sekitar 8% dari populasi. (aljazeera.net, 10/12/2009)

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: