jump to navigation

Asbisindo Yakin Target Pasar Tercapai October 23, 2009

Posted by informationmedia in finance.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

BANDUNG — Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) optimistis target pencapaian pangsa pasar sebesar 5 persen bisa tercapai pada tahun 2008 mendatang. Target sebesar 5 persen yang ditetapkan Bank Indonesia tersebut dinilai Asbisindo sebagai bentuk dukungan bagi perkembangan Bank Syariah di Indonesia.

”Apa yang tidak bisa dicapai jika kita terus berusaha mengupayakan target tersebut,” kata Ketua DPP Asbisindo, A Riawan Amin usai membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) Asibisindo IV DPW Jabar, Senin (10/12). Target sebesar lima persen merupakan tabuhan genderang dari BI bagi perbankan syariah untuk berusaha seoptimal mungkin. Saat ini pangsa pasar industri perbankan syariah Indonesia masih 1,7 persen dari total pangsa pasar industri perbankan nasional. Ia menambahkan sebanyak 98,5 persen pangsa pasar perbankan nasional masih dikuasai perbankan konvensional.

Khusus perbankan syariah di Jabar perkembangannya cukup baik. Pasalnya, laju pertumbuhannya sekarang sudah di atas rata-rata nasional yaitu mencapai 2,7 persen. ”Mudah-mudahan meski target secara nasional sebesar lima persen pada tahun 2008 tidak tercapai. Namun untuk Jabar saya optimistis bisa mencapainya dengan kondisi yang sekarang,” kata Riawan.

Selain pangsa pasar di atas rata-rata nasional, Bandung dan Jawa Barat secara umum dari sejarahnya merupakan awal berkembangnya bank-bank syariah. Menurut Pengawas Bank Utama Kantor BI Bandung, Nina K Azis sampai saat ini di Jabar terdapat 12 Bank Umum Syariah dan 26 BPR Syariah. Sementara itu, di Kota Bandung sendiri terdapat sebanyak 11 Bank Umum Syariah dan 12 unit BPR Syariah. ”Potensi perbankan syariah di Jabar cukup besar karena perkembangannya saat ini termasuk daerah bidikan seluruh bank syariah,” kata Nina.

Sehingga, pencapaian target lima persen pada tahun 2008 nanti di Jabar bisa terlampaui bahkan melebihi. Dikatakan Nina, pada awal tahun 2008 saja sudah ada satu bank syariah yang akan berdiri. ”Izinnya sudah keluar namun saat ini sedang dilakukan feet and proper test oleh dewan syariahnya,”katanya.

Saat ini perkembangan bank syariah di Jabar mengalami peningkatan dalam hal pembiayaan sebesar 18,3 persen sementara penghimpunan dana pihak ketiga mengalami penurunan 6 persen. ”Dengan melihat peluang yang besar maka beberapa tahun ke depan kondisi tersebut akan berubah sehingga Bank Syariah dapat berdiri setara dengan bank konvensional bahkan melebihi,” jelasnya. rig

Sumber : http://republika.co.id/koran.asp?kat_id=256

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: